Thursday, July 7, 2011

Sekilas Tentang CEKER

Beberapa program pelatihan yang ditujukan untuk mengentaskan kemiskinan telah dilakukan secara intensif, ternyata persentase keberhasilannya sangat kecil. Salah satu sebab karena orang yang ikut program tersebut membutuhkan waktu agar bisa menjadi terampil, sedangkan kebutuhan hidupnya sudah sangat mendesak (tidak bisa menunggu waktu). Oleh sebab itulah program pelatihan seringkali menjadi kurang efektif. Untuk mengatasi kendala tersebut maka saat ini disiapkanlah program baru oleh UKMJ BPD GBI DKI Jakarta untuk mengentaskan kemiskinan dengan nama: CEKER.

Apa itu CEKER?

CEKER adalah singkatan dari CREDIT KERAKYATAN, suatu program yang diibaratkan TANGGA, yang disediakan untuk membantu kaum pra sejahtera agar bisa keluar dari kemiskinan! Tangga CEKER inilah yang harus mereka panjat dengan usaha sendiri, agar mereka bisa terus naik dan akhirnya keluar dari garis kemiskinan.

Di dalam CEKER ada beberapa sub program yang bisa dipilih sesuai kebutuhan peserta seperti SIPIN, KADO atau KRING. Keunggulan yang terutama dalam CEKER yaitu adanya pelaksanaan PWK (Pendidikan Wajib Kelompok) yang wajib diikuti oleh semua peserta SIPIN (dimana kehadiran mereka sangat diperhatikan) sebelum mereka mendapatkan bantuan keuangan dari CEKER.

Kenapa PWK diadakan?

Tujuannya untuk menguji niat setiap peserta dan memperlengkapi hati & pikiran serta karakter mereka sehingga mereka siap dan mantap menapaki tangga CEKER sampai akhirnya mereka berhasil BEBAS dari KEMISKINAN.

Tuhan memberkati

No comments:

Post a Comment