Tuesday, October 19, 2010

Yesus menyembuhkan Orang Tuli dan Bisu

Markus 7:31-35

Ayat 32: ada seorang yang tuli dan gagap (bisu), orang yang tuli apalagi sejak lahir biasanya juga akan menjadi bisu karena tidak bisa mendengar otomatis tidak bisa berbicara; hal ini melambangkan diri kita yang dulunya juga tuli dan bisu secara rohani, sebelum ditolong oleh Tuhan Yesus.

Lalu bagaimana prosesnya Tuhan menyembuhkan kita?
Ada 3 proses yang terjadi:

  1. Ayat 33a: Yesus memisahkan dia dari orang banyak, sehingga mereka sendirian.
    Dia memisahkan kita dari kehidupan lama kita (memanggil kita keluar dari dunia ini) = gereja, ekklesia. Sehingga sendirian dengan Tuhan, artinya: dekat dengan Tuhan = intim dengan Dia.

    Apa yang terjadi jika kita dekat dengan Tuhan?
    • Ada pertobatan & keselamatan
      Lukas 19:2, 5-10: Zakheus
      - Zakheus seorang pemungut cukai & kaya, ayat 7: Zakheus orang berdosa,
      - Zakheus dipanggil oleh Tuhan,
      - Zakheus menerima & membawa Tuhan dirumahnya (dekat dengan Dia),
      - Ayat 8: terjadi pertobatan = ada perubahan,
      - Ayat 9-10: terjadi keselamatan.
    • Kita bertumbuh & berbuah
      Yohanes 15:5-6: Pokok Anggur yang benar
      Tuhanlah pokok anggur yang benar dan kitalah ranting-rantingnya, kita mendapat makanan dari pokok yaitu Yesus Kristus sehingga bisa bertumbuh dan berbuah, diluar Dia... kita akan menjadi kering (tidak berguna), dibuang dan dibakar.

  2. Ayat 33b: Ia memasukkan jari-Nya ke telinga orang itu, lalu meludah dan meraba lidah orang itu.
    Telinga: pendengaran, lidah: perkataan.

    Proses kedua yang terjadi, Tuhan mengurapi telinga kita agar bisa mendengar Firman Tuhan (bukan gosip), Dia mengurapi lidah kita agar kita memperkatakan Firman Tuhan (bukan mengutuk).

    Apa yang terjadi saat kita bisa mendengar perkataan Firman Tuhan?
    Iman kita timbul dan makin kuat
    Roma 10:17 "Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus."

  3. Ayat 34: Kemudian sambil menengadah ke langit Yesus menarik nafas dan berkata kepadanya: "Efata!", artinya: Terbukalah!
    Proses ketiga yang terjadi adalah saat Firman menjadi Rhema dalam hidup kita! Rhema (bahasa Yunani) yang artinya: tindakan ucapan, yaitu Firman yang menjadi nyata! Perhatikan ayat 34, Tuhan Yesus berfirman: Terbukalah! Dan apa yang terjadi di ayat 35: maka terbukalah...

    Dalam proses yang ketiga inilah mujizat terjadi karena Firman menjadi Rhema, Iman perbuatan menjadi Nyata. Jika kita mau ada mujizat dalam hidup kita maka kita harus mencapai tahapan ini yaitu ada kuasa Firman dalam hidup kita (baik dalam perkataan & perbuatan = iman yang memindahkan gunung).

    Matius 17:20 "...Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, --maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu."

    Saat iman kita dan Firman Tuhan menjadi satu maka mujizat pun terjadi, seperti yang tertulis dalam Yohanes 15:7 "Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya."

    Tuhan memberkati...

    No comments:

    Post a Comment